0 di keranjang

No products in the cart.

Mengenal Terasi Lombok

Bicara masakan, rasanya kurang lengkap dan tidak akan terasa nikmat kalau dilengkapi bumbu Terasi Lombok sebagai salah satu bumbu penyedap. Aneka masakan kuliner Nusantara termasuk kulener andalan Pulau Lombok seperti Ayam Taliwang, Nasi Puyung, Sate Bulayak, pelecing dan beberapa kuliner lain, tidak akan terasa enak tanpa ada trasi yang dicampur dalam larutan bumbu masakan.

Terasi Lombok menjadi bumbu wajib. Pulau Lombok sendiri memiliki produk terasi yang dari segi rasa tidak kalah enak dengan terasi dihasilkan daerah lain di Indonesia sebagai bumbu penyedap rasa masakan.

Bumbu masak berwujud pasta ini ada yang terbuat dari ikan, ada juga dari udang. Adonan ini kemudian difermentasi lalu dibentuk seperti pasta yang padat, menghasilkan terasi yang warnanya hitam kecokelatan.

Lombok memiliki beberapa jenis trasi dari beberapa daerah NTB, selain jenis terasi biasa, diantaranya terasi lombok olahan udang basah, dinamakan terasi olahan udang basah karena terbuat dari hasil pengolahan udang basah.

Terasi ini warnanya sedikit lebih merah karena berbahan dasar udang rebon. Dari segi aroma dihasilkan juga lebih lembut, dengan rasablebih manis. Terasi jenis ini biasa digunakan untuk bumbu makanan olahan seperti pelecing kangkung, ayam plecing, sambal, dan bumbu Ayam Taliwang. Dari segi harga sedikit lebih mahal dari terasi Lombok lain.

Terasi lombok udang kering. Merupakan jenis terasi yang juga berasal dari Lombok Timur, dengan bahan sama seperti terasi, yaitu terbuat dari udang rebon. Teksturnya lembut, dengan sedikit rasa manis. Selain digunakan untuk masak plecing, juga dijadikan penyedap rujak.

Terasi Lombok udang . Terasi ini terbuat dari campuran udang dan ikan. Itu mengapa aromanya lebih tajam. Biasanya terasi beroq dipakai untuk bumbu masakan plecing dan rujak terasi. Rasanya agak pahit, namun harganya relatif lebih murah dibandingkan terasi lain

[/pl_text]
[/pl_col]
[/pl_row]